TENTANG KAMI

SEKILAS GAPENSI

Sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga GAPENSI, organisasi ini terbentuk atas dasar kesamaan Fungsi dan Kegiatan yaitu sebagai sesama Perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelaksana konstruksi.

Berbeda dengan para anggotanya yang merupakan Badan Usaha, maka GAPENSI merupakan suatu organisasi masa yang bersifat nirlaba (tidak melakukan usaha untuk mencari keuntungan materi) sehingga GAPENSI tidak mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP dari Dirjen Pajak. Seluruh kekayaan organisasi yang dikelola oleh BPC GAPENSI Kab. Bekasi, bersumber dari anggota dan dikembalikan kepada anggota dalam bentuk berbagai program pembinaan.

TUJUAN GAPENSI

  1. Menghimpun Perusahaan-perusahaan Nasional di bidang Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi di dalam satu wadah organisasi GAPENSI, demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Membina dan mengembangkan kemampuan usaha anggota.
  3. Membina dan mengembangkan tertib hukum dan iklim usaha yang sehat.
  4. Mewujudkan rasa  kesetiakawanan  sesama  anggota  dan  menjauhkan diri dari persaingan yang tidak sehat dalam menjalankan usahanya.
  5. Mewujudkan pelaksana konstruksi yang berkeahlian, berkemampuan, tanggap terhadap kemajuan dan bertanggungjawab dalam pengabdian usahanya baik nasional maupun global.
  6. Mewujudkan struktur Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi Nasional yang kokoh dan andal menuju pembangunan ekonomi nasional yang sehat untuk kesejahteraan rakyat, persatuan dan kesatuan bangsa.
  7. Mengadakan kerjasama dengan lembaga-lembaga di bidang teknologi dan manajemen pembangunan, baik di dalam maupun di luar negeri.
  8. Memberi penyuluhan, bimbingan, bantuan dan melindungi serta memperjuangkan kepentingan anggota.
  9. Membina para  anggotanya  agar  berkepribadian  dan  berbudi  luhur dengan mentaati Kode Etik Dasa Brata serta meningkatkan rasa tanggung jawab di dalam menjalankan profesinya.

SEJARAH SINGKAT GAPENSI

logo-gapensi-1GAPENSI didirikan pada tanggal 8 Januari 1959 di Tretes, Malang, Jawa Timur, sebagai hasil Keputusan Kongres I Gabungan Pemborong Bangunan Seluruh Indonesia. GAPENSI yang pada waktu itu merupakan singkatan nama dari: Gabungan Pelaksana Nasional Seluruh Indonesia didirikan atas prakarsa 3 organisasi pemborong Bangunan Daerah yang ada saat itu, yaitu :  IPEMBI (Ikatan Pemborong Indonesia),  I.A.B.N (Ikatan Ahli Bangunan Nasional ), dan  G.P.I (Gabungan Pemborong Indonesia). Dalam kongres yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 9 januari 1959 di Tretes, Malang, Jawa Timur yang dihadiri oleh 160 peserta dari hampir seluruh daerah Indonesia.

Kongres tersebut telah pula menetapkan Presedium-nya yang pertama yang berkedudukan di Ibukota Negara Republik Indonesia, Jakarta dan memilih ketua Presidium : Ir. S. DIPOKUSUMO yang beberapa bulan kemudian diangkat menjadi Menteri Pekerjaan Umum.  Sedangkan sebagai ketua Gapensi Jakarta raya terpilih : Ir. OERIP DJOJOSANTOSO dan Komisaris : E. KOWARA. Oleh pemerintah waktu itu, GAPENSI diakui sebagai suatu “Bedrijsfgroep”.

Pengurus pertama dari GAPENSI dikukuhkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga dengan SK No. 4 tahun 1964 tertanggal 11 Februari 1964 dengan Ketua pertamanya : E. KOWARA, yang pelantikannya dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum.

Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS) yang dilangsungkan pada tanggal 17 dan 18 Juni 1968 di Jakarta dengan mengambil tema “ MUSYAWARAH KERJA NASIONAL BANGUNAN “ telah membahas prasarana-prasarana yang diketengahkan oleh Pihak Perencana maupun Pelaksana yang mewakili lingkungannya masing-masing, secara bulat telah mengambil keputusan untuk mendirikan sebuah organisasi yang merupakan wadah dari para Perencana dan Pelaksana Nasional Seluruh Indonesia disingkat : GAPPENSI (dengan 2 huruf P), memenuhi apa yang tercantum dalam SK MPRS-RI dan SK Presiden tersebut diatas.

Selanjutnya, ssuai dengan hasil Konferensi Kerja GAPENSI di Bandung tanggal 10 – 11 September 1974, pada 18 Juni 1975 Struktur Organisasi GAPPENSI dkembalikan pada organisasi yang dirintis semula pada tahun 1959 yaitu hanya menjadi wadah dari para Pengusaha Nasional Bidang Pelaksana yakni : Gabungan Pelaksana Nasional Seluruh Indonesia disingkat : GAPENSI ( Dengan satu huruf P).